BUAYA MUARA TINGGAL BERSAMA WARGA KINI DISERAHKAN KE BKSDA

24 | dibuat oleh Admin, 16-10-2020

Detik detik terakhir buaya muara sebelum dievakuasi dari rumah warga Banjarsari Ciamis. Hewan buas ini ternyata sudah dipelihara sejak kecil dan tinggal bersama di rumah warga, bahkan diberikan fasilitas kasur untuk tidur. Satwa dilindungi berumur 2 tahun ini baru saja diserahkan warga Banjarsari Ciamis Jawa Barat dan dievakuasi menuju kantor Bidang Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah Tiga Ciamis untuk pemulihan.

Jenis buaya yang dilindungi ini memiliki bobot lima puluh kilogram dengan panjang dua meter. Meski terlihat bugar kesehatan buaya masih dalam masa observasi dokter hewan. Buaya muara ini sempat diurus warga sejak masih kecil hingga usia dua tahun, diduga buaya diserahkan akibat warga kesulitan pakan seiring bobot yang bertambah. Selain itu pemelihara juga diduga enggan berurusan dengan hukum karena memelihara hewan dilindungi.

“kami menerima penyerahan biaya sukarela daei warga karena ini menunjukan kesadaran warga.” Dede Nurhidayat Staff BKSDA Wilayah Tiga Ciamis

Buaya muara akan jalani rehabilitasi sebelum akhirnya dilepas liarkan dihabitat aslinya. Selain buaya muara BKSDA juga menerima 3 satwa dilindungi lainnya diantaranya dua ekor kukang jawa dan seekor burung kakatua. Bksda wilayah tiga ciamis menghimbau masyarakat agar menyerahkan hewan langka yang dipelihara pada Negara.