Membuka Lapangan Pekerjaan melalui Usaha Madu Kiwari

310 | dibuat oleh Admin, 18-02-2021

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi madu secara terartur. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, madu juga banyak memiliki manfaat dalam membantu penyembuhan penyakit. Madu sendiri disarankan untuk dikonsumsi secara teratur dan aman untuk dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun dewasa.

Terdapat beberapa jenis madu, diantaranya madu mentah yang memiliki ciri madu tanpa melalui proses pemanasan dan madu hanya diperas, disaring & dikemas. Selain itu, Madu hutan merupakan jenis madu yang biasanya diolah oleh para petani tinggal di kampung di atas bukit. Mereka buat kandang kayu (stup) yang diletakkan di hutan sekitar rumah. Selanjutnya lebah liar akan masuk ke dalam stup dengan sendirinya dan akan dibiarkan stup tersebut tetap berada di hutan atau memindahkannya ke halaman rumah, kemudian ketika tiba waktunya, mereka akan memanen madu tersebut.

Berawal dari kondisi alam sekitar yang dapat digunakan untuk budidaya lebah, ibu Ita Dwi Kustikasari memulai usaha produksi madu dalam kemasan yang sudah siap untuk dikonsumsi bernama Madu Kiwari. Selain itu, keinginan Ibu Ita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar juga menjadi salah satu faktor pendorong dalam awal memulai usaha madu ini.

Madu Kiwari merupakan jenis madu murni yang dikembangkan oleh ibu asal desa Raharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar Jawa Barat ini dan merupakan salah satu produk UMK asal kota Banjar Jawa Barat yang telah memiliki izin produksi menginduk pada kelompok tani Teratai. Madu Kiwari ini merupakan madu madu murni dengan spesifikasi tidak ada zat tambahan apapun, baik alami seperti gula atau sirup maupun zat tambahan buatan, seperti pewarna buatan, perasa buatan dan bahan sintetis.

Madu Kiwari sendiri memiliki beberapa pilihan diantaranya adalah

Madu Apis Cerana - 125 ml - 170 gr

Madu Apis Cerana - 250 ml - 340 gr

Madu Apis Trigona - 125 ml - 170 gr

Madu Apis Trigona - 250 ml - 340 gr

Perbedaan antara madu Apis Cerana dan Madu Apis Trigona adalah jika madu Apis Cerana memiliki rasa yang manis dan dihasilkan oleh lebah jenis Apis Cerana dengan warna lebih terang dibandingkan Madu Apis Trigona. Sedangkan Madu Apis Trigona memiliki rasa manis sekaligus asam segar dan dihasilkan dari lebah jenis Apis Trigona. Selain itu madu jenis ini memiliki warna lebih pekat dibandingkan Madu Apis Cerana dengan kualitas 5X lebih baik dari madu lebah lokal lainnya serta mengandung gas Tertarik untuk mencobanya atau bekerjasama untuk memajukan produk UMK ini, silahkan menghubungi 081807799550