UPI Asal Garut Bantu Bahan Material Bagi Pembangunan Rawayan Yang Terdampak Banjir Bandang Garut Selatan

105 | dibuat oleh Admin, 27-10-2020

Banjir bandang yang melanda wilayah Garut Selatan pada Senin (12/10/2020) lalu, banyak menimbulkan kerusakan dan kerugian baik materi maupun inmateri, diantaranya bangunan Jembatan Gantung (Rawayan) Rancahayam yang berada di atas Sungai Ciawi, Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat. Sebelum rusak karena banjir bandang, Rawayan Rancahayam berfungsi sebagai penghubung antara warga Kampung Rancahayam dan Kampung Sinaraga. Selain itu, Rawayan Rancahayam merupakan satu satunya akses bagi kedua warga tersebut untuk melakukan aktfivitas. Melihat hal itu, para dosen, tenaga pendidikan maupun alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) asal Garut kembali menunjukan rasa kepedulian terhadap kondisi Rawayan Rancahayam yang rusak berat. Melalui wadah UPI AsGar (Asal Garut), mereka memberikan bantuan berupa bahan material bangunan.

Bertempat di aula Kantor Desa Mekarsari, Minggu (25/10/2020), secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh perwakilan dari UPI AsGar, M.Iqbal kepada Kepala Desa Mekarsari, H Iyus Mudzakir yang disaksikan Babinsa setempat, Serma Rubiyani. M.Iqbal yang akrab disapa Iqbal kepada sejumlah awak media, Selasa (27/10/2020) menjelaskan bantuan dalam bentuk bahan material bangunan ini diharapkan agar Rawayan Rancahayam segera dibangun kembali. Menurutnya, rawayan merupakan infrastruktur yang sangat penting bagi kelangsungan warga masyarakat dalam melakukan aktifitasnya.

"Tujuannya agar roda perekonomian warga Kampung Rancahayam dan Sinaraga bisa secepatnya kembali berjalan normal," terang Iqbal.

Salain itu, Ia menjelaskan, para donatur yang berada dalam wadah UPI AsGar sengaja memberikan bantuan berupa bahan material, mengingat bantuan berupa sembako dan pakaian sudah banyak. Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan di lokasi banjir yakni adanya tim trauma healing.

"Dengan maksud agar bisa mengobati beban psikologis warga masyarakat yang terdampak banjir banjir, terutama bagi kalangan anak anak," kata Iqbal.

Terpisah, Babinsa Desa Mekarsari Serma Rubayani mewakili Pemerintah Desa Mekarsari mengucakan banyak terima kasih kepada pihak UPI AsGar yang telah menunjukan kepeduliannya dengan mememberikan bantuan bahan material untuk pembangunan Rawayan Rancahayam

"Semoga amal baik para donatur dari UPI AsGar mendapat balasan dari Allah SWT dengan balasan yang setimpal. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih Jazakalahu khoeran katsiran," ucap Serma Rubayani.

Seperti diketahui pada kesempatan penyerahan bantuan, selain M.Iqbal, tim UPI AsGar yang juga turut hadir diantaranya Hernawan, Risris, Nurdin dan Aspi.