WISATA AIR BERTAJUK ALAM DI SAJIKAN CURUG CIHANYAWAR KOTA GARUT

91 | dibuat oleh Admin, 15-11-2020

Terletak tak jauh dari Kabupaten Tasikmalaya, Garut juga memiliki beragam tempat wisata menarik yang bisa menjadi alternatif pilihan mengisi akhir pekan. Mulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai pun juga ada.

Kami akan mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh salah satu wisata alam di Kota Garut yaitu wisata air terjun, atau orang Garut menyebutnya dengan Curug. Ada beragam curug yang tersedia di Garut salah satunya, Curug Cihanyawar, yang terletak di kaki Gunung Cikuray, tepatnya di Kampung Cinyawar, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Dibuka secara resmi pada tahun 2011, Curug Cihanyawar ini memiliki pesona yang tak kalah menarik dari curug-curug lainnya. Berada diketinggian 1000 mdpl, pegunjung akan disuguhkan dengan lingkungan yang asri, udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang mempesona.

Saat menuju ke lokasi, kita akan melewati perbukitan dan pemandangan hutan pinus yang berjajar disepanjang jalan. Akses jalannya juga tidak terlalu sulit untuk ditempuh, sehingga ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat weekend tiba. Tempatnya juga bersih, nyaman, dan tertata rapi, karena pihak pengelola dengan giatnya membersihkan kawasan curug setiap hari.

Curug Cihanyawar memiliki ketinggian sekitar 17 meter. Air-nya mengalir bersih dan segeer banget, karena langsung bersumber dari mata air gunung cikuray. Udaranya yang sejuk dipadu dengan jatuhnya air dari curug, memberikan sensasi relaksasi tersendiri untuk Anda. Curug ini paling sering dikunjungi oleh kaum muda-mudi. Menurut mitos warga sekitar, jika mandi dicurug ini, maka akan cepat mendapat jodoh. Semoga aja yaa buat kalian yang berkunjung kesini juga bisa cepat-cepat menemukan jodohnya. Hehehe

Selain ada curug sebagai destinasi utama, disini juga tersedia beberapa saung atau gazebo untuk beristirahat dan bersantai, sembari menikmati pemandangan dan udara yang sejuk. Apalagi ditambah dengan gemercik aliran air dari curug, membuat suasana menjadi lebih tenang. Tak hanya cukup itu, disini kalian juga bisa bermain air dan berswapfoto, di antara bebatuan yang tersusun mengikuti aliran air. Dan tak ketinggalan, tersedia juga toilet, tempat ganti, mushola dan area parkir yang luar sebagai pelengkap fasilitasnya. Lengkap banget kaan!!

Nah tunggu apalagi, segera kunjungi tempatnya. Hanya dengan Rp. 5.000,- untuk dewasa dan Rp. 3.000,- untuk anak-anak, kalian bisa menikmati semua suguhan dari Curug Cihanyawar ini.